Tips Jitu Menentukan Jurusan dan Tempat Kuliah

Menentukan  jurusan kuliah bukanlah hal yang sepele tapi harus dipikirkan masak-masak dan kalau bisa sudah jauh-jauh hari sebelum lulus, sehingga nantinya tidak menyesal di kemudian hari.Pada perjumpaan kali ini, ane ingin berbagi tips menentukan  jurusan dan tempat kuliah bagi agan-agan yang baru lulus SMU atau yang masih duduk di SMA. sobat mau tau..??

menentukan jurusan kuliah

Nah berikut adalah tips jitu menentukan jurusan dan tempat kuliah stelah lulus sma


1. Tanyakan pada diri kita sendiri

Karena masa kuliah itu memakan waktu yang lama, maka tanya dulu pada diri kita sendiri apa yang jadi minat kita , jurusan apa yan kita sukai dan yang mampu kita kuasai , apa yang kita bisa karena dengan menentukan  jurusan yang berdasarkan kemauan, maka semangat kita untuk menjalani dunia perkuliahan itu akan terasa enteng dan kita tidak merasa terbebani.


2. Jangan mengikuti mayoritas

Jangan pernah mengikuti jejak orang lain, jadilah diri sendiri, karena sifat ikut-ikutan tidak akan bertahan lama yang akan membuat kita putus di tengah jalan.karena jurusan atau bidang yang kita ambil tidak sesuai dengan kita.


3. Cari tahu latar belakan tempat kuliah yang akan sobat pilih

Sebelum benar-benar menentukan  jurusan kuliah khususnya perguruan tinggi swasta, pelajari dulu latar belakangnya, sudah terpecaya atau lihat apakah lulusan perguruan tinggi disana menjanjikan atau tidaknya untuk masa depan kita. tips menentukan  jurusan kuliah 


4. Cari info lewat para kerabat kita yang pernah kuliah

tanya mereka semua hal yang menyangkut tentang masa kuliah tesebut, serta tanyakan apa saja yang bisa kita jadikan patokan dalam menentukan  serta mempersiapkan hal-hal yang harus ada.karena pemilihan tempat kuliah akan sangat mempengaruhi kesusesan bidang yang sobat geluti.


5. lihat kondisi keluarga

Sebelum kita menentukan  tempat kuliah yang akan kita tempati untuk menimba ilmu lebih lanjut,alangkah baiknya kalau kita Lihat keuangan keluarga kita, jangan memaksakan keadaan , pilihlah jurusan atau perguruan yang terjangkau oleh keuangan keluarga kita.

Nah itulah tadi beberapa tips dari ane untuk menentukan jurusan dan tempat kuliah, semoga saja artikel ini dapat membantu sobat untuk menentukan jurusan dan tempat kuliah yang tepat.


4 komentar:

  1. sama-sama gan,..
    dan trimakasih juga ane ucapin karena udah mau mampir ke sini gan..hehe

    BalasHapus
  2. jursan kuliah ?? waah,.. kalo saya IT.. pertmbangan sih bner kyak gtu smua. hehehe

    BalasHapus
  3. hehehe..baguslah sob..
    semua bukan tergantung pada fakultas yang kita pilih sob..
    klo anaknya serius dan menginginkan perubahan maka pasti sukses sob..

    klo hanya sekedar ngejar title...
    yah..madesuu
    wkwkwkwkwk

    BalasHapus

Diharap komentarnya sesuai dengan isi blog,dan diharap di dalam komentarnya tidak menyertakan link.Komentar yang berisi URL/Link pada kotak komentar akan di hapus atau dilaporkan sebagai tindakan SPAM.

Contact Me

Nama

Email *

Pesan *