Cara Mengurangi Kebiasaan Ngemil

Ngemil merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu santai,ngemil memang kadang ngak terasa,ngak tau tau popcorn satu porsi amblas dalam waktu semenit. kebiasaan mengemil memang sulit sekali untuk di kurangi,apalagi saat ngemil sambil liat film-film action behh seru banget cuy.

ngemil

Namun ternyata kebiasaan mengemil,ngak baik bagi kesehatan juga,selain bikin gemuk ngemil juga bisa melupakan waktu jam makan kita,trus kalo kita lupa sama jam makan kita nanti kita bakal keserang banyak penyakit lo seperti :maah,tipes dan lain-lainnya.Memang sih cara mengurangi kebiasaan ngemil tidak mudah untuk dilakukan,apalgi kalo sampek udah jadi pecandu ngemil, nah berikut adalah beberapa tips cara mengurangi kebiasaan ngemil. chekkidot...


1. Jangan lewatkan waktu makan

Cara mengurangi kebiasaan ngemil adalah jangan pernah lewatkan waktu makan,jika kalo tidak maka ngemil lah yang bakal menemani jam malam sobat .usahakan makan tiga kali sehari dan dua kali makan kudapan secara teratur. Dan  jarak antara waktu makan dan snack tidak lebih dari lima jam. Ini berguna untuk menjaga kestabilan kadar gula darah dan menghindari Sobat dari rasa lapar yang hebat. Kadar gula darah yang rendah dan rasa lapar merupakan kombinasi berbahaya yang menyebabkan Sobat makan berlebihan.


2. Jangan lupakan karbohidrat kompleks

Jika sobat pengen ngurangi kebiasaan ngemil sobat,usahakan Jangan lupakan makan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks misalnya :nasi,roti,sereal berkarboidrat dan masih banyak lagi yang dan sobat bisa tanyakan langsung ke om gooogle..hehehe.
Karbohidrat kompleks seperti biji-bijian mengandung serat yang membantu menjaga kadar gula darah stabil. Kadar gula darah rendah telah disebutkan menyebabkan timbul keinginan ngemil.


3.   Atur waktu makan

Denga mengatur waktu makan,kebiasaan ngemil sobat pasti akan sedikit terkurangi, cara Mengurangi Kebiasaan Ngemil yang satu ini adalah cara yang paling jitu untuk mengurangi kebiasaan ngemil sobat
Pasalnya tubuh Sobat cenderung mendambakan makanan pada malam hari karena lapar dan bukan karena suatu kebiasaan. Setelah Sobat mengikuti jadwal yang tepat, tubuh akan mempertahankan stabilitas kadar gula darah dan menjaga tubuh dengan energi yang cukup.


4.   Pilih camilan sehat.

Jika sobat mempunyai kebiasaan ngemil ,usahakan Jangan menyantap makanan ringan yang tinggi lemak, tetapi pilih makanan yang tinggi protein saja. Hindari makanan penutup yang tinggi gula setelah makan malam. Karena dengan makanan makanan yang  tinggi gula membuat lonjakan kadar gula Sobat sehingga akhirnya membuat Sobat kembali merasa lapar. Pilihlah makanan seperti buah-buahan segar, buah-buahan kering, segelas susu, dan yogurt rendah lemak.


5.  Banyak-banyak mengkonsumsi air putih

Cara mengurangi kebiasaan ngemil adalah dengan sering sering dan banyak-banyak mengkonsumsi air putih dengan banyak meminum air putih maka perut kita akan keganjal dengan air putih dan rasa laparpun berkurang tentunya,sehingga akan mengurangi kebiasaan ngemil sobat. membantu Sobat rileks,karena air merupakan zat yang memang sangat diperlukan oleh tubuh,mau tau manfaat air bagi tubuh dan dampaknya bila kekurangan air..??? baca selengkapnya,klik di SINI  dan SINI


6. Hindari minum stimulan

Salah satu penyebab kebiasaan mengemil sobat tinggi dan sulit sekali untuk menguranginya adalah sering  minum stimulan, seperti kopi atau teh, karena minum stimulan akan menghambat tidur Sobat. Jika Sobat bangun di tengah malam,  perut Sobat terasa lapar dan ingin ngemil.


7. Ambil kesibukan

Jika Sobat sedang nganggur, hal pertama yang  jangan pernah memikirkan tentang makan dan cemilan,karena itu akan membuat kadar asam lambung meningkat dan akibatnya sobat akan merasa lapar
Cobalah gubakan waktu itu untuk membaca buku atau mendengarkan musik lembut .Banyak kasus ngemil di tengah malam terjadi pada orang-orang yang menderita insomnia. Pastikan Sobat telah menetapkan rutinitas tidur yang tepat dan cukup tidur pada  malam hari. Orang yang mempunyai waktu beristirahat cukup cenderung makan lebih sedikit.


8. Icip-icip sedikit saja

Jika sobat pengen ngemil tingkat dewa..hehehehe(dasar alay) Biarkan diri untuk mencicipi sedikit saja makanan enak seperti cokelat yang diingini. Jika ingin makan lebih banyak, cari cokelat rendah kalori.namun jika merasa cukup segera menghindar dari makanan itu,jika tidak ane yakin sobat bakal ngak berhenti tuh acara incip-incipnya.


9. Cari pengalih perhatian

Ketika keinginan ngemil datang, tunggu selama 15 menit sebelum benar-benar makan. Cobalah melakukan hal lain, seperti berjalan-jalan di luar sejenak atau mengobrol dengan teman. Kadang mengalihkan perhatian selama lima menit saja cukup untuk mengusir kebiasaan ngemil.


10. Hindari begadang malam

Begadang malam adalah factor yang paling tinggi menyebabkan ngemil,pasalnya jika kita sedang begadang  ngak mungkin kan kita bakalan mau ditemani air putih doank,tentunya sobat bakal mencari temannya untuk menemani air.
Jadi bagi sobat yang suka begadang malam alias insomnia dan ngak kepengen badannya gendut akibat ngemil dimalam hari,usahakan ngemil dengan makanan-makanan yang menyehatkan dan rendah lemak seperti:buah-buahan.

Kebiasaan ngemil memang sudah melekat dengan aktivitas-aktitas keseharian kita,namun perlu kita ketahui kebiasaan ngemil yang terlalau berlebihan dan tidak di imbangi dengan asupan gizi yang baik dan olahraga maka akan mengakibatkan terjadinya berbagai penyakit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diharap komentarnya sesuai dengan isi blog,dan diharap di dalam komentarnya tidak menyertakan link.Komentar yang berisi URL/Link pada kotak komentar akan di hapus atau dilaporkan sebagai tindakan SPAM.

Contact Me

Nama

Email *

Pesan *