Bahaya Kafein Kopi Untuk Remaja

Kafein kopi dan berbagai macam produk olahan yang mengandung kafein memang memiliki rasa yang khas.Namun kafein tidak hanya ada pada kopi saja, namun juga ada di dalam teh, coklat, minuman mengandung soda, dan lainya. Namun ternyata kafein kopi memiliki dampak yang kurang baik jika dikonsumsi anak yang masih di bawah umur alias remaja.

bahaya kafein kopi

Namun pada kenyataannya pengkonsumsi kafein kopi tertinggi adalah para remaja, sebagian para remaja lebih memilih  menghabiskan waktu luangnya untuk bersantai di warung dengan ditemani secangkir kopi yang tentunya banyak mengandung kafein,dan tentunya tidak ketinggalan rokok sebagi pendampin kopinya, padahal perlu sobat ketahui rokok sangat tidak baik bagi kesehatan,baca selengkapnya bahaya merokok pada kesehatan klik di SINI


Oke kembali ke topic utama,kafein kopi  selain membuat gigi kita kuning,ternyata kafein kopi mempunyai lebih banyak lagi bahayanya bagi kesehatan,lebih lebih peminum kafein kopi itu adalah seorang anak dibawah umur atau remaja.


1. Menyebabkan Dehidrasi

Kafein kopi ternyata dapat  memicu dehidrasi pada tubuh manusia karena Kafein kopi bersifat zat diuretik yang membuat tubuh kita buang-buang air kecil untuk mengeluarkan kandungan air dari dalam tubuh kita. Seperti kita ketahui bahwa dehidrasi akan memicu diare yang bisa berdampak pada kematian.


2. Merusak Gigi

Kafein kopi  atau minuman manis yang mengandung gula bersoda dan minuman yang banyak mengandung Kafein ternyata dapat mengikiskan lapisan enamel gigi anak-anak dibawah umur atau remaja. sehingga nantinya bisa membuat gigi keropos (rusak berat). Gigi kita hanya bisa tumbuh satu kali saja setelah gigi susu, sehingga sekali rusak maka seumur hidup menanggung derita.


3. Sulit Tidur

Kafein kopi dan berbagai makanan dan minuman lain yang banyak mengandung kafein,terkenal dapat membuat seseorang sulit  tidur dalam jangka waktu yang lama. Apabila anak-anak atau remaja mengalaminya maka sudah pasti jam tidurnya berantakan dan sulit untuk konsentrasi dalam belajar.


4. Gangguan Syaraf dan serangan jantung

apabila seorang remaja sering mengkonsumsi kafein kopi dalam jumlah besar. Dalam jangka panjang anak-anak atau remaja bisa menyebabkan gangguan syaraf dan serangan jantung yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh kita dan bahkan bisa berujung pada kematian.
Jadi pada kesimpulannya Bahaya mengkonsumsi kafein kopi sangat berdampak buruk pada kesehatan tubuh terlebih lagi yang mengkonsumsi kafein kopi itu adalah remaja yang system kekebalan tubuhnya masih belum stabil seperti orang dewasa.


2 komentar:

  1. darimana sumbernya ?

    50% dari apa yg anda sebutkan merupakan mitos belaka tentang kafein, darimana saya tahu ?

    seringlah baca2 BBC news, jadi tolong kedepannya buatlah artikel yg dapat dipertanggungjawabkan

    BalasHapus
  2. lebih bertanggung jwab lagi klo buat komentar itu dikasih nama + Urlnya bukan pengecut kyak gitu..
    gak dikasih nama...

    BalasHapus

Diharap komentarnya sesuai dengan isi blog,dan diharap di dalam komentarnya tidak menyertakan link.Komentar yang berisi URL/Link pada kotak komentar akan di hapus atau dilaporkan sebagai tindakan SPAM.

Contact Me

Nama

Email *

Pesan *