Istilah-Istilah Penting di Twitter

Apakah sobat sudah lama mempunyai dan menggunakan Twitter sebagai media online sobat..??saya yakin sobat pasti sudah punya dan sering menggunakan Twitter.Memang twitter adalah salah satu alternative setelah kita bosen dengan facebook,dan penggunaan twitter juga sangat mudah,apa lagi sekarang twitter juga support untuk bahasa Indonesia.namun terkadang kita juga tidak mengerti tentang istilah-istilah yang penting di twitter,karena istilah-istilah tersebut memang asing,dan tidak ada di Facebook.


Nah pas banget,buat sobat-sobat yang baru menggunakan dan punya twitter,dan tentunya masih bingung dan ngak tau mengenai istilah-istilah penting di twitter,kali ini ane bakal ngeshare tentang Istilah-Istilah Penting di Twitter.Ini dia istilah-istilah Penting di Twitter yang perlu diketahui.


1. Tweet

Tweet merupakan pembaharuan atau sering disebut sebagai update yang dilakukan setiap pemilik account twitter yang memungkinkan semua orang bisa melihat apa yang dituliskan. Baik itu berupa ungkapan, kekesalan, kesenangan, kebingungan dan sebagainya. Apa yang kita tulis (post) di Twitter, itu yang dinamakan Tweet. Dalam bahasa Indonesia, Tweet memiliki terjemahan kicauan.


2. Followers

Followers adalah orang yang mengikuti kita dan akan menerima setiap pembaharuan/ update yang kita lakukan.baik itu berupa tweet ataupun link. Istilah wajib sobat ketahui,karena dengan mengetahui istilah ini maka sobat bisa mengetahui jumlah pengikut sobat.


3. Following

Following adalah orang yang kita ikuti dalam twitter. Ini merupakan kebalikan dari follower, kita akan menerima setiap update orang yang kita follow. Anda bisa mengikuti (following) siapa saja, tapi jangan bingung jika ada simbol seperti “Gembok” disamping nama orang yang akan Anda follow (lihat gambar TheFuzzball di bawah) artinya orang tersebut tidak sembarang menerima Follower karena alasan-alasan tertentu (misal: takut di follow spammer atau menghindari follower yang memakai gambar profil kurang sopan).


4. Replay

Replay adalah balasan yang ditujukan pada seseorang secara spesifik. Yakni bertanya atau memberi info pada orang tertentu di twitter. Caranya: @+Usename. Misalnya: @ifadah_amalia.Harus selalu gunakan tanda "@" di depan "username" untuk replay atau bertanya atau menyapa namun ke user yang lebih spesifik. Sehingga tweets Anda akan masuk ke replay (mention) mereka.


5. Re Tweet

Ret tweet yang sering disebut dengan RT adalah menulis ulang tweet orang lain dalam profile kita sendiri dan biasanya diikuti dengan nama orang yang membuat tweet pertama kali. Bisa jadi karena kata-kata tersebut Indah. RT ditambahkan pada tweet diikuti dengan @(username) ditambah dengan kata-kata yang ingin anda ulang.
Contoh : RT @ifadah_amalia  kunjungi: www.blabla.com


7. Trending Topic

Trending topics adalah topik yang sedang hangat di antara pengguna Twitter sedunia. Biasanya trending topics ini akan muncul dan selalu di update pada halaman twitter kita. Apa topik yang sedang dibicarakan banyak orang? Misal saat “Keluarga Bahagia” sedang banyak dibicarakan, maka Keluarga bahagia tersebut menjadi  TT (sing. Trending Topics), saat bom mengguncang Indonesia #Indonesia Unite menjadi topik yang paling sering dibicarakan. Bagaimana suatu tweet bisa menjadi Trending Topics? biasanya karena banyak orang yang menggunakan #(topikyangdibicarakan) pada tweetnya. Semakin banyak orang yang membicarakan topik yang sama dengan Anda, semakin lama topik tersebut bertahan pada Halaman depan Twitter dan dilihat oleh seluruh dunia.


8. Over Head

Over head atau disingkat dengan OH adalah menulis ulang tweet orang lain tanpa menyebutkan sumber tweet tersebut. Mendengar (melihat) tweet milik orang lain yang sangat menarik, tetapi Anda tidak ingin menyebutkan siapa yang menulis tweet tersebut. (Berbeda dengan RT yang menyebutkan sumber tweet).


9. Favorites

Favorites adalah Tweet yang disimpan karena disukai atau merasa Tweet tersebut penting.


10. Tweeple

Tweeple sebutan untuk penguna Twitter


11.Heard Trough

Heard trough disingkat dengan HT. HT berbeda dengan RT. HT adalah kata-kata yang Anda dengar pada kehidupan nyata.


12. Direct Message

Direct message atau disingkat dengan DM adalah pesan pribadi teman kita (followers) pada kita.yang tanpa diketahui oleh followers lain.


13. Tanda @

Tanda @ adalah mem - tag atau mengkhususkan tweet kepada salah satu teman yang kita beri tanda. Fungsinya bisa untuk me-reply tweet teman, membuat link kepada username yang dimaksud. Contoh: kepada @Syamsuri_R,  @ifadah_amalia, @Bobby_Oksa


14. Hash Tag

Hash tags dalam twitter di definisikan dengan tanda #. Tanda pagar ini biasanya digunakan untuk mempermudah pencarian topik yang sedang hangat di twitter. Misalnya topik yang sedang hangat adalah Bisnis Online, Keluarga Bahagia dan lainnya. Untuk mempermudah pencarian topik tersebut kita menulis #Bisnis Online sebagai keyword.


15. FollowFriday

FollowFriday adalah tradisi setiap hari Jumat dimana kita dapat merekomendasikan orang lain untuk menjadi follower dari teman kita yang menyenangkan. Silahkan tulis @(namateman kita) yang kita rekomendasikan pada tweet kita.


16. Overloaded

Twitter membatasi penggunanya hanya dapat memfollow 2000 orang. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari para Spammer.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diharap komentarnya sesuai dengan isi blog,dan diharap di dalam komentarnya tidak menyertakan link.Komentar yang berisi URL/Link pada kotak komentar akan di hapus atau dilaporkan sebagai tindakan SPAM.

Contact Me

Nama

Email *

Pesan *