5 Oktober 2012

10 Penyakit Mental Manusia yang Sulit di Sembuhkan

Penyakit mental yang menyerang manusia diibaratkan seperti virus,yang bisa menular dan apabila terus dibiarkan maka akan menhancurkan si penular dan korbannya.penyakit yang menyerang mental manusia adalah Penyakit yang  tidak nampak dan terdakang sulit untuk kita ubah karena biasanya merupakan kebiasaan murni yang ada dalam diri. Berikut ini adalah 10 penyakit mental manusia yang sulit di sembuhkan.

penyakit mental

1. Memyalahkan orang lain

Penyakit  menyalahkan orang lain adalah penyakit  yang memang tidak tampak pada keadaan fisik kita,namun sangat tidak terpuji apalagi ditambah dengan sifat kekanak-kanak an,kedua penyakit tersebut seperti noda hitam yang melekat di hati kita masing-masing yang bawasannya ingin menang sendiri dan harus mendapatkan saat itu juga.
Akan tetapi pada saat gagal memperoleh hal tersebut orang,lain lah yang menjadi sasaran cemohan kita yang seakan-akan menutupi kesalahan kita .padahal orang yang tidak mau mengakui kesalahannya sendiri adalah orang pengecut.


2. Menyalahkan diri sendiri

Menyalahkan diri sendiri bahwa dirinya merasa tidak mampu. Ini berbeda dengan MENGAKUI KESALAHAN. Sobat pernah mengalaminya ? Kalau sobat bilang tidak pernah, berarti sobat bohong. Ingat kawan kita ini hanya manusia yang penuh dengan kelalaian,dan kesalahan jadi wajarlah kita untuk menyalahkan diri sendiri karena kelalaian kita.
Asalakan jangan sampai terlalu menyalahkan diri sendiri,karena akan dapat merusak mental sobat. Kita sering membandingkan keberhasilan orang lain dengan kekurangan kita, sehingga keberhasilan orang lain dianggap Wajar karena mereka punya sesuatu lebih yang kita tidak punya.apabila terus dibiarkan Penyakit ini akn pelan-pelan  membunuh kita. Yang menghancurkan mental karena ke tidak punya an kemampuan.


3. Tidak punya goal/cita-cita

Apabila di ibaratkan orang yang tidak mempunyai cita-cita adalah orang yang tidak mempunyai atau tidak mengetahui jalan mencapai kesuksesan.padahal kesuksesan adalah suatu hal yag harus bin wajib kita raih.betul ngak..???


4. Mempunyai“GOAL”, tapi ngawur mencapainya

Bila di ibaratkan adalah seperti orang yang sudah mempunyai jalan menuju kesuksesan akan tetapi dalam mencapainya dia menyimpang alias meng halalkan segala cara.Biasanya dialami oleh orang yang tidak “teachable”. Goalnya salah, focus kita juga salah, jalannya juga salah, arahnya juga salah.


5. Mengambil jalan pintas

Tidak ada Keberhasilan di dunia ini dilalui dengan jalan pintas.Semua  kesuksesan atau keberhasilan perlu proses dan usaha yang keras untuk mencapainya. Jalan pintas tidak membawa orang ke kesuksesan yang sebenarnya, real success, karena tidak mengikuti proses. Kalau kita menghindari proses, ya nggak matang, kalaupun matang itupun tidak bermanfaat,malahan akan merugikan diri sendiri bahkan orang disekitar kita. Jadi, tidak ada tuh jalan pintas.


6. Mengambil jalan terlalu panjang, terlalu santai

Analoginya begini : Pesawat terbang untuk bisa take-off, harus mempunyai kecepatan minimum. Pesawat Boeing 737, untuk dapat take- off, memerlukan kecepatan minimum 300 km/jam. Kalau kecepatan dia cuma 50 km/jam, ya Cuma ngabis-ngabisin avtur aja, muter-muter aja. Lha kalau jalannya, runwaynya lurus sobat cuma pakai kecepatan 50 km/jam, ya nggak bisa take-off, malah nyungsep iya. Iya kan ?


7. Mengabaikan hal-hal kecil

Dia maunya yang besar-besar, yang heboh, tapi yang kecil-kecil nggak dikerjain. Dia lupa bahwa struktur bangunan yang besar, pasti ada komponen yang kecilnya. Maunya yang hebat aja. Mengabaikan hal kecil aja nggak boleh, apalagi mengabaikan orang kecil.


8. Terlalu cepat menyerah

Pepatah lama mengatakan kegagalan adalah awal kesuksesan. pinutur ini sebenarnya hanya di tujukan kepada orang yang tidak mudah menyerah,karena orang yang tidak mudah menyerah akan memandang bahwa kegagalan adalah pengalaman dan guru terbaik dalam meraih sebuah kesuksesan dan keberhasilan.so…jangan terlalu cepat menyerah.


9. Bayang-banyang masa lalu

Wah puitis sekali, saya suka sekali dengan yang ini. Karena apa ? Kita selalu penuh memori kan ? Apa yang kita lakukan, masuk memori kita, minimal sebagai pertimbangan kita untuk langkah kita berikutnya. Apalagi
kalau kita pernah gagal, nggak berani untuk mencoba lagi. Ini bisa balik lagi ke penyakit nomer-3.  Kegagalan sebagai akibat bayang-bayang masa lalu yang tidak terselesaikan dengan semestinya. Itu bayang-bayang negatif. Memori kita kadang- kadang sangat membatasi kita untuk maju ke depan. Kita kadang-kadang lupa bahwa hidup itu maju terus.

10. Menghipnotis dengan kesuksesan semu

Biasa disebut Pseudo Success Syndrome. Kita dihipnotis dengan itu. Kita kalau pernah berhasil dengan sukses kecil, terus berhenti, nggak kemana-mana lagi.Sudah puas dengan sukses kecil tersebut. Napoleon pernah menyatakan: “Saat yang paling berbahaya datang bersama dengan kemenangan yang besar”. Itu saat yang paling berbahaya, karena orang lengah, mabuk kemenangan. Jangan terjebak dengan goal-goal hasil yang kecil, karena kita akan menembak sasaran yang besar, goal yang jauh. Jangan berpuas diri, ntar jadi sombong, terus takabur.

Nah itulah tadi sedikit ulasan ane tentang 10 penyakit mental manusia yang sulit di sembuhkan,tentu masih banyak lagi yang masih belum terungkap.oke ane kira cukup tugas ane kali ini.semoga bermanfaat….

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Diharap komentarnya sesuai dengan isi blog,dan diharap di dalam komentarnya tidak menyertakan link.Komentar yang berisi URL/Link pada kotak komentar akan di hapus atau dilaporkan sebagai tindakan SPAM.

Contact Me

Nama

Email *

Pesan *