4 Bahaya Tidur Setelah Sahur

4 Bahaya Tidur Setelah Sahur - Tidur setelah sahur memang tidak haram. Namun, dari sisi ilmu gizi dan kesehatan tidur setelah makan sangat tidak dianjurkan bahkan dalam kategori dilarang karena dampak buruknya sangat banyak. Sebagian besar orang dan mungkin termasuk Anda sering melakukan kegiatan tidur usai melakukan makan sahur, padahal kebiasaan seperti itu memiliki bahaya yang bisa mengancam kesehatan, Maka hindari melakukan kebiasaan tidur setelah makan sahur.


Nah, tentunya Anda pasti ingin tahu apa bahaya yang akan ditimbulkan jika sehabis makan sahur langsung tidur, berikut adalah bahaya yang bisa terjadi jika Anda melakukan kebiasaan tidur sesudah makan sahur.

Berikut adalah 4 bahaya tidur setelah sahur

1. Heartburn

Merupakan sensasi terbakar yang menyakitkan di sekitar ulu hati hingga kerongkongan akibat refluks asam lambung. Ketika berbaring setelah makan, sistem pencernaan memang bekerja terlalu keras sehingga meningkatkan risiko refluks asam lambung yang bisa naik dari lambung sampai ke kerongkongan. Tidur setelah sahur biasanya kurang nyenyak dan sering bermimpi buruk.

2. Stroke

Nah, jika Anda tidak ingin terkena stroke, sebaiknya jangan makan sahur langsung tidur, sebuah penelitian menemukan jika kondisi refluks asam memicu apnea tidur yang berkaitan dengan stroke. Sementara teori lain mengatakan kalau sistem pencernaan yang tak lancar memengaruhi kinerja tekanan darah dan kadar gula yang meningkatkan risiko stroke.

3. Peningkatan berat badan

Ini merupakan kabar buruk bagi Anda yang ingin punya badan kurus ketika puasa, nah bukannya semakin kurus ketika puasa berat badan Anda akan bertambah jika Anda melakukan kebiasaan tidur setelah makan sahur, berat badan bertambah karena tubuh tidak memiliki kesempatan untuk membakar kalori sehingga akan ditimbun sebagai lemak didalam tubuh.

4. Refluks asam

Biasanya refluks asam terjadi ketika katup antara perut dan esofagus tidak tertutup secara sempurna. Hal tersebut bisa terjadi ketika tubuh sedang berbaring. Akibatnya, asam dari lambung naik ke tenggorokan. Kondisi ini tentu membahayakan, terutama bagi penderita maag.

Nah, itulah beberapa efek buruk yang didapatkan setelah makan sahur langsung memilih untuk tidur.



3 komentar:

  1. Wahh...padahal itu kebiasaanku, tidur setelah sahur, hehe....okey dech, Sob, thanks infonya, bermanfaat banget bagi aku, nice shared!

    BalasHapus

Diharap komentarnya sesuai dengan isi blog,dan diharap di dalam komentarnya tidak menyertakan link.Komentar yang berisi URL/Link pada kotak komentar akan di hapus atau dilaporkan sebagai tindakan SPAM.

Contact Me

Nama

Email *

Pesan *