Tips Mendidik Hubungan Sehat Untuk Remaja


Remaja adalah usia yang sangat istimewa. Remaja bukanlah orang dewasa, dan tidak lagi bisa disebut seorang anak. Secara fisik, mental dan emosional, remaja mengalami sejumlah perubahan. Remaja adalah pada titik di mana ia masih mencoba untuk mencari tahu hal-hal yang penting dalam kehidupan. Di sisi lain, seorang remaja mengalami ketertarikan terhadap lawan jenis untuk pertama kalinya mulai saat ini. Lalu ada hubungan dengan nya teman sekelas teman sepermainan atau pun orang-orang disekeliling mereka.

remaja

Selama masa remaja seorang  remaja harus diajarkan bagaimana membangun hubungan yang sehat dengan pasangannya. Remaja A juga harus menyadari perbedaan antara hubungan yang sehat dan dan mana yang bukan atau, yang  merugikan dirinya dalam beberapa cara.

Remaja dan Hubungan Sehat
Ketika seorang anak tumbuh dewasa, orang tuanya berfungsi sebagai panutan bagi semua hubungan masa depannya. Jadi, jika ada kepercayaan, hormat, pengertian dan cinta di antara mereka, seorang anak belajar untuk menyerap hal yang sama dalam hubungan tersebut. Itu sebabnya, lingkungan keluarga sangat berpengaruh besar terhadap perkembangan dirinya. Namun, remaja juga harus belajar tentang hubungan dari sumber lain serta melalui pengalaman mereka sendiri.


1. Komunikasi,dukungan,pemahaman

Dalam hubungan, baik dengan keluarga, teman, ataupun berpacaran, sebuah nasihat yang sangat penting adalah untuk selalu menjaga jalur komunikasi tetap terbuka. Tidak ada masalah dalam hubungan yang tidak dapat diselesaikan melalui berbicara dan berkomunikasi. Selain komunikasi, mendidik remaja mengenai hubungan yang sehat adalah dengan , mendukung mereka, mengorbankan sekali-sekali untuk membuat mereka bahagia dan menjadi orang yang positif, sehingga remaja memiliki tujuan untuk membangun hubungan yang sehat. Hal ini terutama berlaku dalam kasus hubungan dengan keluarganya dan teman-teman. Kerjasama, komunikasi dan pemahaman orang lain sudut pandang inilah yang akan membuat ikatan yang lebih kuat.


2. Menghormati, Cinta

Tidak ada hubungan yang dapat bertahan tanpa menghormati orang lain, terutama hubungan romantic dengan pasangan. Sering kali, terlihat bahwa gadis-gadis remaja kehilangan identitas mereka sendiri. Ingat bahwa Anda dan pasangan adalah dua orang yang berbeda, dengan dua kepribadian yang berbeda Jadi, Anda harus menghormati satu sama lain untuk siapa Anda dan tidak mencoba untuk mengubah kepribadian diri, hanya untuk menyenangkan satu sama lain.
Remaja harus memahami pentingnya hubungan yang sehat karena akan memastikan bahwa ketika mereka masuk ke dalam hubungan yang serius sebagai orang dewasa, misalnya dalam perkawinan atau ketika mereka menjadi orangtua, mereka mampu melangkah kedepean dan mengajarkan kepada anak-anaknya. Para remaja juga harus diberikan kebebasan untuk mencari,menemukan dan memimpin hidup mereka dengan cara yang mereka ingin.

Pada akhirnya, salah satu tips yang sangat berguna adalah untuk memahami bahwa banyak hubungan yang membentuk remaja di luar keluarga mereka, tidak bisa berlangsung selamanya. Jadi, remaja harus memelihara hubungan ini dengan cinta, pada saat yang sama, memastikan bahwa mereka tidak menjadi emosional tergantung pada orang tua.oke semoga tips mendidik hubungan sehat untuk remaja dapat bermanfaat….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diharap komentarnya sesuai dengan isi blog,dan diharap di dalam komentarnya tidak menyertakan link.Komentar yang berisi URL/Link pada kotak komentar akan di hapus atau dilaporkan sebagai tindakan SPAM.

Contact Me

Nama

Email *

Pesan *