5 Tips Menjaga Tulang Agar Tidak Keropos

Tulang merupakan salah satu organ terpenting manusia,oleh karena itu kita harus benar-benar menjaga dan mempelihara kesehatannya.Memiliki tulang yang kuat dan tidak keropos  merupakan investasi yang penting di kemudian hari. Tulang keropos dan jalan terlihat bungkuk merupakan salah satu akibat dari kurang menjaga dan mempelihara kesehatan tulang.

mencegah tulang keropos

Kesehatan tulang sangat penting dijaga karena tulang merupakan organ penopang tubuh manusia. Dan tulang bisa dikatakan sebagi organ vital manusia.Nah pertanyaannya,bagaimana kita menjaga kesehatan tulang kita..??sobat mau tau tipsnya..??berikut adalah 5 Tips Menjaga Tulang Agar Tidak Keropos.


1. Memakan makanan yang banyakmengandung kalsium

Cara pertama untuk menjaga tulang agar tidak keropos adalah Memakan makanan yang banyakmengandung kalsium.Memang kalsium merupakan unsur utama untuk menjaga tulang yang kuat. Setiap orang dianjurkan mengkonsumsi 1000 atau 1200 mg kalsium perhari. Kalsium bisa didapatkan dari sayuran hijau gelap, yogurt, keju atau macam-macam makanan yang mengandung keju, susu dan segala produknya, ikan sarden dan ikan lain yang biasanya dapat dimakan bersama tulangnya, sereal, jus jeruk, kedelai dan segala produknya, dan roti yang mengandung biji-bijian.


2.  Mencukupi kebutuhan Vitamin D

Cara selanjutnya untuk menjaga tulang agar tidak keropos adalah Mencukupi kebutuhan Vitamin D.Untuk mendapatkan vitamin D, cukup melaui paparan sinar matahari selama 10 sampai 20 menit. Jika kesulitan untuk keluar rumah, bisa mendapatkan vitamin D dari ikan berminyak seperti salmon dan tuna, minyak ikan kod dan sari jeruk.


3. Memiliki Gaya Hidup Aktif dan Mobile

Cara selanjutnya untuk menjaga tulang agar tidak keropos adalah Memiliki Gaya hidup aktif.Beberapa olahraga yang dianjurkan seperti latihan beban, jalan cepat, menaiki tangga, yoga, menari dan olahraga raket. Hanya 30 sampai 45 menit dari salah satu kegiatan di atas akan memenuhi kebutuhan latihan harian kita.


4.  Mengetahui Tingkat Risiko Osteoporosis

Cara berikutnya untuk menjaga tulang agar tidak keropos adalah Mencegah Lebih Baik Daripada Mengobati Dengan Mengetahui Tingkat Risiko Untuk Osteoporosis Kita dianjurkan untuk menyelidiki sejarah keluarga yang pernah mengalami patah tulang karena keropos atau osteoporosis. Atau dapat melakukan bone scan untuk mengetahui kesehatan tulang.


5. Buang Kebiasaan Buruk

Cara yang terakhir untuk menjaga tulang agar tidak keropos adalah mem buang Kebiasaan Buruk.Cobalah untuk menghindari merokok dan minum alkohol serta batasi asupan kopi menjadi 2 cangkir sehari karena berbahaya bagi kepadatan tulang. Tulang melakukan regenarasi dan mencapai puncak massa tulang sekitar 30 tahun. Seusai itu, tulang menjadi lebih tipis dan rapuh tanpa gizi yang cukup dan olahraga teratur. Tidak peduli berapa usianya, orang seharusnya aktif menjaga tulang jika ingin tetap aktif sampai esok.


3 komentar:

  1. point nomor 5 menurut saya adalah yg paling penting, kebiasaan buruk sangan dekat dengan pla hidup tidak sehat dan itu yg sering mambuat org teserang penyakit :)

    BalasHapus
  2. terimakasih banyak untuk tipsnya, mendapatkan tulang yang sehat merupakan impian semua orang karena dengan tulang yang sehat kita bisa bebas melakukan aktifitas.

    BalasHapus

Diharap komentarnya sesuai dengan isi blog,dan diharap di dalam komentarnya tidak menyertakan link.Komentar yang berisi URL/Link pada kotak komentar akan di hapus atau dilaporkan sebagai tindakan SPAM.

Contact Me

Nama

Email *

Pesan *